GPOP-Mempelajari bahasa Indonesia tentu diberlakukan di sekolah-sekolah setiap jenjang. Titik Aminah, seorang guru bahasa di SMAN 1 Palangka Raya dengan tekun mengajarkan peserta didiknya pelajaran bahasa Indonesia sesuai kurikulum yang berlaku. Ia tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Para siswa diajarkan untuk mengenali kosakata baku dan tidak baku, penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tepat, serta pelafalan yang benar,” kata Titik saat dibincangi G-Pop Kalteng Pos, Rabu (5/9).

Dalam upayanya mengedukasi peserta didiknya, Titik juga menekankan pentingnya bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Melalui bimbingannya, para siswa diharapkan dapat bangga menggunakan bahasa Indonesia secara tepat dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya memberikan contoh kepada para siswa-siswi saya yakni dengan cara berkomunikasi yang benar, sehingga mereka dapat memperbaiki penggunaan kosakata yang salah,” ucapnya.

Tak hanya bahasa Indonesia, Titik juga mendorong siswa untuk melestarikan bahasa daerah sebagai alat komunikasi antarsuku, sekaligus menekankan pentingnya menguasai bahasa asing.

“Pun dengan penguasaan bahasa asing dianggap krusial untuk mempermudah akses informasi dan komunikasi dengan orang dari berbagai negara, yang pada akhirnya dapat membuka peluang di kancah internasional,” jelasnya. (abw)

Leave a Comment

Follow Me

KALTENGPOS DIGITAL

Edisi terbaru Kalteng Pos

About Me

Newsletter