GPOP-Anak-anak zaman sekarang sering banget lebih bangga sama bahasa asing gara-gara pengaruh globalisasi dan media sosial yang makin gede. Nggak bisa dipungkiri sih, tren global emang keren, tapi jangan sampai bikin kita lupa sama bahasa daerah kita sendiri yang nggak kalah kece!

Biar rasa cinta terhadap bahasa daerah kita balik lagi, kita bisa mulai dari hal-hal simpel tapi seru banget! Pertama, tunjukin dong kalau bahasa daerah itu asyik dan nggak ketinggalan zaman.

Menurut Muhammad Haris Izziddin caranya bisa bikin konten yang menarik, kayak video parodi atau lagu pake bahasa daerah. Dijamin deh, bakal banyak yang suka dan ikutan nge-hype!

Yang kedua, coba deh, mulai libatin bahasa daerah dalam aktivitas sehari-hari kita. Biar makin terbiasa, pakai aja sapaan atau ungkapan khas dari daerah kita saat lagi nongkrong sama keluarga atau teman. Gampang banget, kan?

“Aku yakin, kalau anak muda mulai lebih sering pakai bahasa daerah, kita bisa tetap ngejaga dan ngebanggain warisan budaya kita. So, yuk, mulai sekarang bikin bahasa daerah jadi hits lagi di kalangan anak zaman now!,” jelas Haris. (abw)

 

Leave a Comment

Follow Me

KALTENGPOS DIGITAL

Edisi terbaru Kalteng Pos

About Me

Newsletter